Sekilas Tentang Flash Fiction

FF itu apasih? *buat yang belum tau :)
Oleh  : Nessa Kartika

Nama lainnya: flash fiction, mencakup sudden fiction, microfiction, micro-story, postcard fiction, dan short short story. Jumlah katalah yang membedakan istilah-istilah itu.
Sejarah flash fiction berakar pada Aesop's Fables, dan praktisinya antara lain Anton Chekov, Franz Kafka, Kurt Vonnegut,Jr.
Ernest Hemingway bahkan memelopori cerpen 6 kata saja.
Flash fiction adalah cerpen sangat singkat yang menghunjam telak ke dalam pikiran pembaca dan langsung menghibur. Jumlah kata masih diperdebatkan. Sebagian berpendapat 1.000 kata masih disebut FF. Yang lain menuntut di bawah 500, bahkan ada yang hanya 55. Tapi yang paling populer adalah 100 kata, dengan atau tanpa mencakup judul dan nama penulis.

Itu artinya, sedikit kata untuk menceritakan kisah yang utuh. Utuh berarti mencakup semua elemen cerita: setting, karakterisasi, konflik; lengkap dengan permulaan, tengah, dan akhir.
FF biasanya, tapi tidak harus, mempunyai twist ending, sesuatu yang tidak diduga pembaca. Tapi bukan ending yang menjebak sehingga pembaca merasa bodoh atau dibodohi. Penulis harus memasukkan clues secara implisit/eksplisit sehingga pembaca menemukan ending dengan, "Ahhh, benar juga." Tanpa clue sama sekali, pembaca akan dibuat jengkel dan heran kenapa akhirnya begitu.
Seperti dengan cerita umumnya, pembaca harus "dilibatkan", bukan diasingkan. Pembaca harus bisa melihat awal, mengalami konflik, dan merasa puas dengan endingnya.
Bagaimana mungkin hanya dengan 100-1000 kata? Edit, edit, edit. Pangkas sana, pangkas sini. Dalam FF, tak ada ruangan untuk banyak kata sifat atau deskripsi panjang. Kita harus mengandalkan persepsi pembaca tentang dunianya untuk menangkap makna implisit.

Ini contohnya:

Versi panjang: Angin sedingin es yang bertiup dari utara membuat wajah Danny terasa beku. (12 kata)

Versi Flash: Angin dingin membekukan wajah Danny. (5 kata)

Terasa kan bedanya? Kita tidak perlu tahu angin itu dari mana, karena kalau dingin, mungkin pembaca bisa menebak asalnya. Kecuali arah itu merupakan unsur penting cerita, kita tidak membutuhkannya. Es tidak diperlukan karena sudah tersirat dalam membekukan. Kita tahu es itu beku, pembaca pasti tahu pula.
FF bukan sepenggal cerita. Itulah tantangannya. Setiap kata dipilih dengan saksama untuk bercerita banyak. Justru karena itu FF menunjukkan keindahan tersendiri, memberi inspirasi, menggelitik benak pembaca.

Menurut pengalamanku, semakin sering menulis, semakin sering memangkas, semakin terlatih kita dalam memilih kata. Pada awalnya, kita tulis saja apa pun yang mengalir, panjang atau pendek. Setelah selesai, baca lagi, lalu mulailah menggunting. Coret kata sifat yang tak perlu. Ganti kata kerja yang terlalu umum dengan yang mengandung makna ganda. Ringkaslah deskripsi. Jumlah kata akan berkurang drastis. Baca lagi. Apakah cerita masih utuh? Kita akan terkejut, emosi dan deskripsi bisa disampaikan tanpa kata-kata deskriptif.
Dan sekarang, FF untuk anak. Jadi lebih mudah atau lebih sulit membuatnya?
Bergantung pengalaman teman-teman juga. Yang terbiasa menulis/membaca buku anak akan secara otomastis memasukkan pula persyaratan cerita anak yang baik ke dalam FF-nya. Aku sendiri cenderung berpendapat bahwa cerita anak:

* Tidak harus mengandung pesan moral yang eksplisit 
* Kalimatnya sederhana dan mudah dimengerti, tapi bukan berarti miskin kosa kata. 
* Karakter manusiawi, memiliki kelemahan dan kelebihan. Tokoh terlalu sempurna membuat anak sulit mengidentifikasikan dirinya dengan tokoh.


Demikian sekilas tentang FF. Semoga bermanfaat.

0 komentar: